Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Majelis di Muhammadiyah serta apa fungsi dan tugas dari Majelis tersebut?

Pengertian Majelis di Muhammadiyah serta apa fungsi dan tugas dari Majelis tersebut?


Muhammadiyah adalah sebuah gerakan Islam yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada tahun 1912 di Yogyakarta, Indonesia. Di dalam Muhammadiyah terdapat struktur organisasi yang terdiri dari berbagai lembaga dan majelis yang memiliki peran dan fungsi masing-masing.

Majelis di Muhammadiyah merujuk pada sebuah badan atau lembaga yang memiliki fungsi dan tugas tertentu dalam mengatur dan mengawasi berbagai aspek kegiatan organisasi. Ada beberapa jenis majelis di Muhammadiyah, namun yang paling penting adalah Majelis Tarjih dan Tajdid, Majelis Tabligh, dan Majelis Pendidikan.

Majelis Tarjih dan Tajdid: Majelis ini memiliki tugas dan fungsi utama dalam menetapkan fatwa dan panduan-panduan keagamaan serta merumuskan pandangan Muhammadiyah terhadap berbagai isu dan perkembangan keagamaan. Majelis Tarjih dan Tajdid juga berperan dalam mengawasi kegiatan dakwah dan pendidikan Islam di dalam organisasi.

Majelis Tabligh: Majelis ini bertanggung jawab dalam menyebarkan dan mengembangkan dakwah Islam melalui berbagai kegiatan, seperti pengajian, ceramah, dan program-program penyebaran nilai-nilai Islam kepada masyarakat. Majelis Tabligh juga berperan dalam membangun hubungan antara Muhammadiyah dengan masyarakat luas.

Majelis Pendidikan: Majelis ini memiliki tugas dan fungsi dalam mengembangkan sistem pendidikan di Muhammadiyah, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Majelis Pendidikan juga bertanggung jawab dalam merumuskan kebijakan pendidikan, mengawasi lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah, serta menyusun kurikulum yang sesuai dengan visi dan misi Muhammadiyah.

Selain majelis-majelis tersebut, Muhammadiyah juga memiliki majelis-majelis lain yang fokus pada bidang-bidang seperti sosial, ekonomi, kesehatan, wanita, pemuda, dan sebagainya. Setiap majelis memiliki peran dan tugasnya sendiri dalam menjalankan amanah Muhammadiyah serta berkontribusi dalam memajukan umat dan masyarakat.