Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Majelis Dikdasmen Muhammadiyah

Sejarah Majelis Dikdasmen Muhammadiyah



Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Majelis ini lahir sejak masa KH. Ahmad Dahlan. Semula bernama urusan sekolahan “Qismo Arqo” yang  kemudian menjadi Madrasah Mu‟allimin dan Mu‟allimat Muhammadiyah. 

Selanjutnya berkembang kepengurusannya sampai perguruan tinggi. Nama majelis ini dari waktu ke waktu mengalami perubahan antara lain: Majelis Pendidikan, Majelis Pendidikan dan Pengajaran, Majelis Pendidikan dan Kebudayaan, dan mulai tahun 1985 Majelis ini dipecah Menjadi Majeli Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan Majelis Pendidikan Tinggi.

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan salah satu komponen pembantu pimpinan dalam persyarikatan Muhammadiyah. Komponen ini memiliki tugas pelaksana kegiatan pokok atau kegiatan teknis (technical activity) dan pelaksanaan kegiatan pelayanan (auxiliary activity), dalam hal ini yang dimaksud kegiatan teknis adalah kegiatan yang mempunyai hubungan langsung dengan pencapaian tujuan, sedangkan kegiatan pelaksana pelayanan adalah kegiatan yang tidak secara mlangsung berhubunan dengan pencapaian tujuan.