Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muhammadiyah: Pengertian, dan Sejarah Perkembangannya

Muhammadiyah: Pengertian, dan Sejarah Perkembangannya


Muhammadiyah: Pengertian, dan Sejarah Perkembangannya

Muhammadiyah adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1912 oleh KH Ahmad Dahlan. Nama Muhammadiyah berasal dari kata Muhammad, yang merupakan nama nabi dan rasul Islam. Muhammadiyah berarti pengikut Muhammad atau orang-orang yang mengikuti ajaran Muhammad.

Tujuan utama Muhammadiyah adalah melakukan amar ma'ruf nahi munkar, yaitu menyebarkan kebaikan dan mencegah kemungkaran sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah. Muhammadiyah juga berperan aktif dalam bidang pendidikan, sosial, kesehatan, ekonomi, dan budaya. Muhammadiyah memiliki banyak lembaga pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, serta rumah sakit, panti asuhan, panti jompo, dan lain-lain.

Sejarah perkembangan Muhammadiyah dapat dibagi menjadi beberapa periode, yaitu:

- Periode awal (1912-1928): Pada periode ini, Muhammadiyah berfokus pada pembentukan organisasi dan pengembangan jaringan cabang di berbagai daerah. Muhammadiyah juga menghadapi tantangan dari pihak-pihak yang menentang gerakan reformasi Islam yang dilakukan oleh Muhammadiyah, seperti kaum tradisionalis dan kolonial Belanda.

- Periode konsolidasi (1928-1945): Pada periode ini, Muhammadiyah menguatkan posisinya sebagai organisasi Islam modernis yang berkontribusi dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Muhammadiyah juga memperluas kegiatan sosialnya dengan mendirikan berbagai lembaga pendidikan dan kesehatan.

- Periode pembangunan (1945-1965): Pada periode ini, Muhammadiyah berpartisipasi dalam pembangunan nasional Indonesia yang baru merdeka. Muhammadiyah juga menghadapi tantangan dari paham komunisme yang mencoba merongrong nilai-nilai Islam.

- Periode krisis (1965-1985): Pada periode ini, Muhammadiyah mengalami masa sulit akibat dampak dari peristiwa G30S/PKI dan Orde Baru. Muhammadiyah harus berjuang untuk mempertahankan eksistensinya sebagai organisasi Islam independen yang tidak terikat dengan pemerintah atau partai politik.

- Periode reformasi (1985-sekarang): Pada periode ini, Muhammadiyah mengalami perkembangan pesat dalam segala bidang. Muhammadiyah juga beradaptasi dengan perubahan zaman dan tantangan global. Muhammadiyah terus berupaya untuk menjadi organisasi Islam yang progresif, moderat, dan toleran.

Demikianlah pengertian dan sejarah perkembangan Muhammadiyah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang organisasi Islam ini.