Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SDIT Muhammadiyah Manggeng Educational Visi Ke Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya

SDIT Muhammadiyah Manggeng  Educational Visi Ke Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya


dikdasmenpwmaceh.com Manggeng, Abdya Rabu, 4 Oktober 2023, siswa-siswi kelas 4 dan 5 SDIT Muhammadiyah Manggeng kembali mengadakan Educational Visit. Pada kesempatan kali ini, siswa-siswi SDIT Muhammadiyah Manggeng berkesempatan berkunjung ke Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya. 

Sesampainya di Perpustakaan Daerah, anak-anak disambut dengan hangat oleh pustakawan dan langsung diarahkan ke ruang baca. Ada beragam buku bacaan yang tersedia dan anak-anak begitu antusias memilih buku bacaan. Ada yang membaca buku ensiklopedia, buku peta indonesia dan dunia unia, buku-buku dongeng, buku pengetahuan umum, dan lain sebagainya.

Setelah membaca buku, semua siswa juga diarahkan untuk membuat kartu perpustakaan agar mereka nanti bisa meminjam buku di Perpustakaan Daerah. 

Bak kata pepatah 'Sekali membuka uncang, dua tiga hutang terbayar', sekali berkunjung ke Perpustakaan Daerah, bukan hanya anak-anak yang mendapat ilmu, tetapi semua ustazah/guru pendamping juga mendapatkan ilmu. 

Salah seorang ustadzah pendamping yaitu ustadzah Dian Islamiati, S.Pd atau sering dipanggil ustadzah Mia, juga berkesempatan mewawancarai sekaligus belajar manajemen perpustakaan dari Ibu Ira Novita, S.IP dari Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Daerah Abdya. 

Dalam wawancara tersebut, Ibu Ira mengajarkan cara penyusunan dan penomoran buku, sistem peminjaman buku, cara mengelola buku yang sudah rusak, serta memberi rekomendasi bacaan yang cocok untuk anak SD. Terakhir, beliau juga mengenalkan aplikasi pengelolaan perpustakaan resmi dari Perpustakaan Nasional kepada Ustadzah Mia.

Sebelum pulang, tidak lupa siswa-siswi SDIT Muhammadiyah Manggeng berfoto bersama pengelola dan pustakawan dari Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya sebagai kenang-kenangan dan dokumentasi kegiatan.

Kontributor: Ustadzah Dian Islamiati, S.Pd